Search Movie

ARSIP WEB MOVIE

Search HOT Video

Pembayaran Google Adsense Melalui Western Union

Written By LuckyLacky on Friday, April 29, 2011 | 11:52 AM

 Informasi ini khusus saya buat untuk teman blogger yang akan mencairkan pembayaran google adsense (GA) untuk pertama kali. Artinya saat ini saldo GA sudah mencapai ambang batas pencairan atau sudah mencapai $ 100 Amerika Serikat. Setelah mencapai jumlah ini biasanya GA akan menampilkan payment issue kapan waktu pembayaran GA bisa dicairkan, payment issue ini bisa dilihat dari Laporan Pembayaran Google Adsense dari akun GA.

Dari pengalaman saya lalu, waktu itu saya kebingungan tentang prosedur pencairan google adsense dengan western union ini, sehingga saya harus bertanya kesana-sini dan membaca beberapa artikel tentang pembayaran GA western union. Muncul beberapa pertanyaan dibenakku waktu itu seperti :


  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mencairkan google adsense dengan western union?
  • Apa syarat-syarat yang dibutuhkan?
  • Dimana mencairkan western union ini?
  • dan saya yakin Anda juga mengalami hal yang sama. :D
Western Union Quick Cash is a payment method that allows you to receive your AdSense payments in cash using the worldwide Western Union money transfer service. Payments will be available for pick up at your local Western Union Agent the day after they are sent according to our normal payment schedule.
Dari pengertian Western Union diatas bisa kita dilihat kalau pembayaran google adsense bisa ambil pada agen WU tempat kita tinggal satu hari setelah jadwal pembayaran yang terdapat pada akun GA kita. Selain itu dengan memakai WU kita tidak perlu lagi menunggu kiriman check GA yang waktunya cukup lama dan secara otomatis akan menghapus biaya potongan saat pencairan check pada bank seperti yang terjadi pada saat menggunakan metode pembayaran check.

Dengan metode ini saldo GA akan menggunakan Dollar Amerika, sehingga saldo GA akan dikonversi menggunakan Kurs Dollar Amerika yang ada pada saat pencairan Western Union. Hanya saja dengan memakai WU kurs yang digunakan sedikit dibawah kurs dollar standar.

Perlu diperhatikan nilai maksimum pembayaran via Western Union Quick Cash adalah $2.800 USD atau sekitar Rp. 27.000.000,- jika earning dari adsense kita melebihi angka tsb, maka sisanya akan otomatis di pindahkan menjadi Secured Express Delivery (biaya kirim dipotong $24 USD)

Pembayaran Via Western Union Quick Cash

Jika Anda ingin mencairkan pembayaran google adsense melalui Western Union Quick Cash, ada beberapa hal yang harus sudah terpenuhi terlebih dahulu; Pertama: pengaturan pembayaran GA dengan WU pada akun Google AdSense sudah diganti; Kedua: saldo di akun google adsense sudah mencapai $ 100 US.

Langkah Pertama:
1. Login ke akun google adsense di www.google.com/adsense.
2. Lihat tab My Account.
3. Klik edit pada bagian Payment Details.
4. Pilih Western Union Quick Cash.
5. Klik Continue.
6. Langkah terakhir klik tombol Save Changes untuk menyimpan metode pembayaran.

Perlu untuk diperhatikan kalu nama pada akun google adsense harus sesuai dengan kartu identitas anda seperti KTP atau SIM, sehingga tidak terjadi masalah pada saat pencairan google adsense di counter Western Union Quich Cash. Jika ternyata namanya belum sama Anda bisa menggantinya dari akun GA Anda, caranya seperti berikut:
  1. Login ke akun GA Anda http://www.google.com/adsense.
  2. Buka tab My Account.
  3. Pada bagian Payee Information, klik edit payee name.
  4. Ganti nama sesuai KTP, lalu simpan pengaturan.
Saat Mengisi Formulir Penarikan Western Union Quick Cash

Kita akan mendapatkan 10 digit angkat MTCN (Money Transfer Control Number) di akhir bulan. Untuk menerima uang dari mata uang lokal Western Union, kita harus memberikan kode MTCN dan nama kita sesuai dengan KTP, berikan juga alamat Google HQ sebagai konfirmasi. Kode MTCN (pada gambar no. 1) ini bisa dilihat pada menu Laporan Pembayaran AdSense, terlihat seperti gambar berikut:
image
Alamat Google HQ yang harus dituliskan pada formulir WU (pada gambar no. 2) :

Google Inc.
1600 Amphitheatre Parkway
Mountain View, CA 94043
USA

Dengan metode pembayaran Western Union Quick Cash ini bisa dicairkan melalui tempat berlogo Wester Union seperti bank, kantor pos, indomaret, dll. Klu saya pernah mencairkan WU di kantor pos, waktu itu hanya perlu membawa photo copy KTP 1 lembar dan mengisi formulir penarikan Western Union, setelah itu saya menyerahkan formulir tersebut kepada kasir WU. Hanya dalam 10 menit saja proses pencairan Goggle Adsense dengan Western Union ini bisa selesai.

NB: Opsi pembayaran via western Union hanya untuk publisher personal saja.